Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Mandi Agar Menjadi Mudah dan Senang Mandi


Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Mandi

Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Mandi - Aktifitas mandi merupakan aktifitas yang sangat penting bagi keluarga, karena aktifitas mandi tersebut dapat membersihkan diri dari segala kotoran serta untuk menjaga kesehatan keluarga. Biasanya anak yang senang bermain dan menonton, cenderung sulit untuk mengganti aktifitasnya, seperti halnya mandi. Padahal kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat berguna untuk kebersihan tubuh dan menjaga kesehatan si anak.

Berikut adalah tips atau cara membuat anak menjadi mudah mandi dan senang mandi yang bisa para orangtua praktekan :

1. Ciptakan suasana yang menyenangkan pada saat mandi, misalnya :
  • Biarkan si anak membawa mainannya ke kamar mandi : Hal ini seperti memindahkan aktifitas bermainnya di kamar mandi. Sehingga dengan begitu anak akan merasa mandi itu seperti bermain dan menyenangkan. Tentu saja mainan yang boleh dibawa mandi adalah mainan yang tahan air
  • Tempelkan poster karakter kesukaan si anak : Bila si anak menyukai gambar karakter seperti Barbie atau Thomas, tampilkan poster bergambar Barbie atau Thomas. Dengan begitu, anak-anak menjadi senang ke kamar mandi, dan lebih mudah untuk mengajaknya mandi.
  • Ajak si anak mandi sambil mencuci barang-barang kesukaan miliknya : Biasanya anak senang bermain air, karena itu ajak si anak untuk mencuci barang kesukaan seperti mainan mobil-mobilannya. Hal ini juga dapat mengajarkan anak untuk dapat melakukan pekerjaan sendiri. Jelaskan juga pada anak, bahwa mandi itu sangat penting, agar menjadi bersih dan menjaga kesehatan.

2. Beri batasan dan aturan

Bila si anak tidak juga mandi, maka berilah batasan kepada si anak. Misalkan katakan begini "kakak, kita mau pergi jam 9, jadi sebelum jam itu kakak sudah harus mandi". Dengan mengatakan seperti itu, kita memberikan keleluasaan pada anak untuk menentukan sendiri kapan dia mau mandi, tetapi tentu tidak melebih batasan tadi.

Baca juga : Kenali Tipe Anak Anda Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi anak yang tidak mau mandi agar menjadi mudah dan senang mandi, semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk para orangtua. Mungkin ada diantara anda yang mau menambahkan tips lainnya selain yang ada diatas? Bisa disampaikan melalui kolom komentar yang tersedia, sehingga bisa bermanfaat untuk pembaca yang lainnya juga. Terima kasih.

0 komentar