Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar dan Meningkatkan Semangat Belajarnya


Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar dan Meningkatkan Semangat Belajarnya

Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar dan Meningkatkan Semangat Belajarnya - Banyak orang tua yang sering bertanya-tanya, kenapa anak saya tidak senang atau malas belajar? Padahal kebanyakan orangtua tidak menyadari telah memberikan perlakuan yang membuat anak beranggapan bahwa belajar itu tidak menyenangkan.

Perilaku orang tua yang sering melarang anak, jangan begini, ini kotor, ini tidak boleh, inilah yang sering membuat anak menjadi malas belajar dan beranggapan bahwa belajar itu tidak menyenangkan, sehingga sebaiknya orang tua juga melakukan komunikasi dengan si anak dengan rasa cinta dan sayang sehingga akan tumbuh pada si anak rasa bahwa belajar itu menyenangkan.

Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa para orangtua lakukan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang malas belajar dan meningkatkan motivasi semangat belajarnya serta menjadikan belajar menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi anak :
  • Tanyakan hal yang menyenangkan disekolah? Hal ini akan menstimulus anak untuk mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan secara tidak langsung sang orang tua memberitahukan kepada anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.
  • Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk si anak. Suasana yang menyenangkan dapat mempermudah anak untuk merekam dan menyerap informasi yang didapat pada saat belajar dan suasana belajar yang menyenangkan, akan memicu rasa ingintahunya.
  • Lakukan hipnosleep, katakan setiap hari di dalam tidur sianak bahwa sekolah itu menyenangkan, belajar juga menyenangkan, semakin mudah untuk menghitung, menghafal dan lain-lain.
  • Berikan penjelasan kepada si anak manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari, misalkan kalau nanti si anak memelihara hewan peliharaan, dia bisa menghitung berapa anak hewan peliharaannya.
  • Sering-sering berikan pujian yang tulus apabila si anak telah menyelesaikan tugasnya. Minta guru lesnya untuk melakukan hal yang sama untuk meningkatkan harga diri si anak.
  • Kenali tipe dominant cara belajar pada anak, apakah si anak termasuk tipe AUDITORY (anak mudah menerima pelajaran dengan cara mendengarkan), apakah dengan VISUAL (melihat) ataukah dengan KINESTHETIC (fisik). Hal ini akan mempermudah si anak untuk menyerap pelajaran.
  • Dalam belajar, berikan jeda waktu untuk beristirahat minimal 20 menit, hal ini akan merefresh dan daya konsentrasinya akan kembali seperti semula.
Baca juga : Cara Jitu Mengatasi Anak yang Tidak Mau atau Susah Mandi

Demikianlah tips bagaimana cara mengatasi anak yang malas belajar dan meningkatkan semangat belajar mereka. Semoga informasi yang saya sampaikan pada artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya, terima kasih.

0 komentar