Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Harus Orangtua Ketahui


Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Harus Orangtua Ketahui - Keluarga merupakan sekolah mendasar bagi anak-anak, karena itu peran orangtua dalam mencetak pribadi yang mandiri sangat besar. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi dan mandiri sejak usia dini. Oleh karena itu dalam tulisan kali ini, saya akan membahas tips-tips sederhana yang dapat diterapkan para orangtua dalam rangka menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dan berikut ulasannya :

1. Dampingi sang anak
Apabila sang anak termasuk tipe pemalu dan memerlukan waktu untuk berinteraksi dengan lingkungan baru, dampingi dia tuk meningkatkan rasa percaya dirinya, ajarkan dan beri contoh pada sang anak bagaimana berinteraksi yang baik di lingkungan baru.

2. Biarkan anak melakukan sesuatu sendiri
Setelah rasa percaya dirinya mulai tumbuh, biarkan dia melakukan sesuatu sendiri. Anak yang terbiasa melakukan sesuatu sendiri, biasanya akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan percaya diri.

3. Beri Kepercayaan dan semangat
Beritahukan kepada sang anak bahwa anda sebagai orangtuanya percaya bahwa dia dapat melakukannya dengan baik. Kemudian semangati sang anak dengan kalimat-kalimat yang membuatnya lebih percaya diri seperti "Ayo sayang, kamu pasti bisa".

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Malas Belajar

4. Beri perhatian
Seorang anak sangat senang apabila diperhatikan oleh orangtuanya. Perhatikan apa yang dia kerjakan dan apa yang ingin dia tunjukkan. Kepercayaan diri sang anak akan muncul karena perhatian dan kasih sayang orangtuanya.

5. Berikan pujian dan dukungan
Berikan pujian yang tulus dalam perkataan dan sikap. Pujian yang tulus dapat meningkatkan semangat sang anak untuk dapat melakukan hal tersebut lagi.

6. Kegagalan merupakan hal yang biasa
Apabila anak melakukan kegagalan, jangan dimarahi. Tetap beri semangat, karena dengan mengalami kegagalan, dia akan belajar untuk memperbaiki kegagalan tersebut. Arahkan dan bombing sang anak untuk belajar dari kesalahan.

7. Jangan bandingkan anak
Pertumbuhan dan perkembangan anak satu dengan yang lain berbeda-beda, jangan bandingkan si anak dengan yang lain karena hal tersebut dapat menyebabkan anak tidak percaya diri dan tidak yakin akan kemampuannya sendiri.

Itulah 7 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang bisa para orangtua coba praktekan dan sebaiknya juga dilakukan sejak usia dini. Semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya, terima kasih.

0 komentar