Tips Cerdas Dalam Mengasuh dan Mendidik Anak Supaya Menjadi Pribadi yang Baik


Mengasuh dan Mendidik Anak Supaya Menjadi Pribadi yang Baik

Pola asuh, mendidik dan mengasuh anak sangat berperan dalam mencetak pribadi anak yang baik. Sebagai orang tua, sudah selayaknya lah kita harus mengetahui dan mempraktekkan pola asuh yang baik tersebut. Walaupun saat ini saya juga masih belajar untuk menerapkannya. Berikut merupakan tips mengasuh dan mendidik anak secara cerdas yang bisa kita terapkan:

1. Berikan kasih sayang yang cukup untuk anak
Kasih sayang yang cukup sangat penting dalam mengasuh serta mendidik anak. Anak yang menerima kasih sayang yang cukup cenderung akan lebih perasa dan pengertian dengan lingkungannya. Ajarkan pula anak untuk mencintai dirinya sendiri, tentu saja orang tua juga harus mencintai dirinya sendiri, dengan begitu anak akan mengikuti sifat dari orangtuanya.

2. Berilah waktu luang untuk sang anak
Luangkan waktu anda untuk sang anak, Anak yang kedua orangtuanya sibuk, cenderung meminta perhatian lebih.

3. Jujur dan tanggung jawab
Penting sekali untuk menerapkan sikap jujur dan bertanggung jawab kepada anak. Bila orangtua menjanjikan sesuatu kepada anak, selalu tepati janji tersebut. Sekali berbohong, anak akan merasa bohong itu diperbolehkan. Ajarkan pula anak untuk bertanggung jawab.

Baca juga : Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

4. Dengarkan celotehannya
Anak sangat ingin sekali diperhatikan. Berilah waktu luang untuk sekedar mendengarkan celotehannya. Dengan begitu anak akan merasa benar-benar disayang dan dicintai

5. Buat batasan
Selain membiarkan akan mengeksplore dirinya, berikan batasan juga kepada anak. Apa saja yang diperbolehkan dan apa yang tidak. Berikan juga konsekuensinya apabila hal-hal yang tidak diperbolehkan itu dilanggar. Dengan batasan-batasan tersebut, anak juga akan belajar untuk bertanggung jawab.

6. Berikan penghargaan dan pengakuan
Biarkan anak mengeksplore dirinya, bila hal tersebut positif, jangan sungkan untuk memberikan penghargaan seperti "anak bunda hebat" atau "pintar sekali anak mama". Dengan begitu anak akan senang melakukan hal-hal yang positif tersebut dan bahkan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Yang paling utama dari semuanya adalah kita harus mencintai anak-anak kita dengan tulus, karena dengan demikian mereka akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri, menyenangkan serta menjadi pribadi yang baik dan menjadi anak sukses nantinya.

Demikianlah tips-tips dari saya, semoga bermanfaat! Mungkin ada tambahan dari rekan-rekan semua?

0 komentar