Cara Mendidik Anak Agar Mau Belajar dan Tidak Malas-malasan Lagi


Cara Mendidik Anak Agar Mau Belajar dan Tidak Malas-malasan Lagi

Cara Mendidik Anak Agar Mau Belajar – Memiliki anak yang rajin belajar merupakan harapan dan menjadi kebanggaan semua orangtua. Karena dengan belajar, dapat meningkatkan kecerdasan intektual dan emosional bagi anak. Namun bagaimana jika kondisinya anak kita malas untuk belajar? Bagaimanakah caranya untuk memupuk inisiatif anak agar mau rajin dalam belajar ? Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa dijadikan cara mendidik anak agar mau belajar oleh orangtua.

1. Tingkatkan Komunikasi Orangtua dengan Anak

Komunikasi merupakan hal yang penting dilakukan dalam mendidik anak, dikarenakan komunikasi antara orangtua dengan anak dapat mempererat hubungan dan pada akhirnya orangtua akan mudah mengarahkan anaknya untuk menjadi lebih baik. Ajaklah anak kita untuk ngobrol dan sharing tentang pentingnya belajar, dengarkan juga alasan dia kenapa malas untuk belajar dan berikan juga solusi yang menyenangkan dalam belajar.

2. Berikan Suasana Belajar Yang Nyaman

Untuk meningkatkan mood anak agar mau belajar, tidak ada salahnya kita membuatkan ruangan untuknya agar suasana belajar menjadi nyaman dan menyenangkan. Diskusikan dengan anak mengenai desain yang ruangan yang menyenangan untuknya belajar. Dengan begitu diharapkan dia akan merasa betah dan nyaman dalam belajar di ruangannya.

3. Atur Jam Belajar Anak

Selain memberikan anak waktu bermain, orangtua juga perlu mengatur jam belajar anak agar mereka bisa tertib dalam belajar dan efektif dalam menyerap pelajarannya. Ada beberapa waktu yang baik untuk anak belajar diantaranya adalah ba’da maghrib atau isya. Bisa juga diupayakan agar anak mau belajar pada waktu ba’da Subuh, waktu itu termasuk baik untuk belajar dikarenakan otak masih dalam kondisi fresh.

4. Orangtua Harus Menjadi Contoh Baik

Ketika anak sudah mulai mau rajin belajar, sebaiknya orangtua juga mendampingi anak dalam belajar atau bisa melakukan kegiatan lain yang bermanfaat. Jangan sampai anaknya belajar, tetapi orangtua malah asyik nonton TV atau bermain gadget. Karena dikhawatirkan jika hal itu dilakukan, anak akan kembali menjadi malas belajar karena melihat orangtuanya tidak mendampingi atau memberi contoh yang baik.

Baca juga :

5. Orangtua Harus memiliki Kesabaran

Dalam mendidik anak untuk menjadi lebih baik, orangtua perlu memiliki kesabaran termasuk untuk merubah kebiasaan anak yang awalnya malas menjadi rajin belajar. Jangan sampai dalam mendidik anak, kita terpancing emosi yang akhirnya memarahi atau mungkin malah bertindak kasar pada anak. Hal itu tidak baik dilakukan karena justru akan membuat anak berontak dan tertekan. Biarkan anak bertahap agar dapat berinisiatif rajin belajar, jangan sampai dia mau belajar karena takut dimarahi oleh orangtuanya.

Semoga dari beberapa cara mendidik anak agar mau belajar ini dapat membantu orangtua dalam menangani anaknya yang masih malas dalam belajar menjadi rajin. Dan diharapkan insiatif anak untuk belajar dapat meningkat sehingga anak dapat rajin dalam belajar.

0 komentar