Manfaat Terasi Untuk Perkutut yang Belum Banyak Orang Tahu


Manfaat Terasi Untuk Perkutut - Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Burung Perkutut. Burung ini biasanya banyak dipelihara oleh masyarakat pedesaan karena masih cukup mudah untuk mendapatkan anakannya di alam bebas.

Burung yang mempunyai nama latin Geopelia Striata ini merupakan fauna identitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Burung khas dari jawa ini biasanya berukuran sekitar 20 sampai 25 cm dengan warna dasar abu-abu. Salah satu faktor yang menjadikan burung ini cukup digemari oleh para pecinta burung adalah karena kicauannya yang merdu dan khas.

Manfaat Terasi Untuk Perkutut

Burung perkutut peliharaan yang memiliki kicauan bagus tentu tidak serta merta langsung begitu, diperlukan perawatan yang bagus dan rutin tiap harinya untuk membentuk suara dan mental manggungnya.

Jika mungkin saat ini anda memelihara burung perkutut namun tidak mau bunyi-bunyi juga, hal pertama yang harus anda pastikan terlebih dahulu adalah bahwa burung tersebut berkelamin jantan bukan betina, karena seperti kebanyakan burung lainnya burung perkutut yang punyai kicauan bagus adalah yang jantan.

Setelah itu, apakah perawatan yang selama ini anda lakukan sudah benar seperti misal rutin memandikannya, menjemur di pagi hari dan memberinya makanan yang bernutrisi seperti campuran biji-bijian yang terdiri dari jewawut, beras merah, beras ketan hitam, millet dan godem. Berdasarkan pengalaman beberapa peternak, biji-bijian ini mempunyai pengaruh yang baik bagi burung perkutut supaya rajin manggung dan gacor.

Jika semua itu sudah dilakukan namun burung tetap tidak mau berkicau juga, saya rasa anda perlu mencoba trik yang satu ini, yaitu dengan memberinya makan terasi. Manfaat terasi untuk perkutut adalah agar meningkatkan gairah manggungnya serta untuk membentuk suara kicauannya.

Terasi yang terbuat dari hasil fermentasi ikan atau udang rebon ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan bagus untuk burung perkutut. Cara pemberiannya cukup dilakukan sekali saja dalam seminggu namun dilakukan secara rutin, dengan membentuk terasi menjadi butiran-butiran kecil supaya mudah dimakan, atau bisa juga langsung dilolohkan pada paruh burung. Sebagai pendukung untuk mendapatkan kicauan burung perkutut yang jernih dapat pula dengan memberinya daun saga. Cara pemberiannya sama seperti terasi dan dilakukan seminggu sekali pula.

Nah, itu tadi tadi adalah manfaat terasi untuk perkutut yang dapat meningkatkan gairah manggung atau berkicaunya. Semoga setelah membaca dan menerapkan cara ini secara rutin burung perkutut anda bisa gacor dan anda bisa menikmati kicauan merdunya setiap hari.

0 komentar